6 Tips Mempercepat Startup Windows 7


Pengguna komputer yang bijak itu peduli dengan “kesehatan” sistem operasinya. Begitu juga dengan pengguna Windows 7 yang bijak tentu peduli akan sistem operasi Windows yang ada di komputernya.

Defrag Partisi Windows

Melakukan Defrag harddisk merupakan salah satu langkah untuk merawat Windows karena memang harus dilakukan secara berkala. Defrag harddisk berfungsi untuk menyusun ulang data-data yang terpecah sehingga harddisk bisa bekerja lebih efisien dan lebih cepat dalam mengakses data.

Lakukan defrag pada partisi Windows atau partisi C secara berkala agar akses data untuk sistem bisa lebih cepat sehingga bisa meningkatkan kecepatan startup Windows. Perangkat untuk Defrag harddisk bisa diakses melalui Start Menu > Accessories >System Tools > Disk Defragmenter.

 Tampilan Disk Defragment

Tampilan Disk Defragment

Selain menggunakan Disk Defragmenter dari Windows, bisa juga menggunakan tool defragmenter yang disediakan dari pihak lain.

Matikan service dan startup application yang tidak perlu

Salah satu penyebab startup Windows terlalu lama adalah ada service atau aplikasi yang berjalan otomatis pada saat startup. Dengan begitu Windows akan menjalankan service dan aplikasi tersebut bersamaan dengan proses startup sehingga jika Anda menonaktifkan service atau aplikasi yang berjalan otomatis tentu bisa mempercepat waktu startup.

Untuk pengaturannya buka Start menu > ketik msconfig pada kotak pencarian > tekan Enter.

Pengaturan Sevice

Pengaturan Sevice

Pilih tab Services untuk menentukan service apa saja yang diaktifkan, dan pilih tab Startup untuk menentukan aplikasi yang berjalan pada saat startup. Pengaturan service juga bisa Anda lakukan melalui control panel > all control panel items > Administrative tools > Services.

 Pengaturan Service

Pengaturan Service

Terdapat daftar service yang ada pada Windows baik sedang berjalan atau tidak. Perhatikan bagian startup type, jika Automatic berarti bisa jadi ikut dijalankan pada startup Windows. Anda bisa menonaktifkannya atau merubah startup type menjadi manual. Caranya, klik kanan salah satu service > properties > pillih jenis startup type. Hati-hati dalam melakukan pengaturan service ini karena siapa tahu yang dinonaktifkan justru yang dibutuhkan sistem. Jika Anda tidak mengetahui fungsi dan tingkat kebutuhannya sebaiknya dibiarkan default saja.

Kurangi Gadget dan Shortcut pada Desktop

Terlalu banyak mengisi desktop dengan aksesories, gadget, dan shortcut itu kurang baik. Hal-hal tersebut bisa memakai resource lebih banyak karena desktop melakukan load items secara berlebihan. Untuk komputer berspesifikasi tinggi itu bukanlah masalah karena resource yang tersedia melimpah. Tapi untuk komputer yang spesifikasinya pas-pasan, optimalisasi waktu startup adalah hal yang cukup penting.

Tampilan Widget

Tampilan Widget

Selain pembatasan penggunaan gadget desktop, pasanglah shortcut seperlunya saja karena memenuhi desktop dengan shortcut kebanyakan terlihat kurang rapi.

Minimalisasi Visual Appearance

Windows Aero merupakan salah satu fitur menarik yang menjadikan Windows 7 tampil indah. Tampilan glossy, didukung dengan tema-tema menarik memberikan nilai lebih pada visualisasinya. Tapi dibalik keindahan ini, Aero dan tema yang digunakan ternyata menggunakan cukup banyak memori. Anda bisa menggunakan tema Windows 7 Basic atau Classic untuk menghemat penggunaan memori sehingga alokasi memori bisa dipakai untuk mengoptimalkan fungsi startup Windows yang lain. Caranya klik kanan desktop > Personalize > pilih Windows 7 Basic atau Windows Classic yang tidak menggunakan Aero.

Memilih Tema

Memilih Tema

Konsekuensinya adalah tampilan Windows Anda menjadi kurang menarik atau terlihat lebih jadul, tapi setidaknya Anda bisa mengoptimalkan waktu startup Windows.

Bentengi dengan Antivirus

Membentengi Windows dengan antivirus adalah metode yang baik untuk mencegah virus atau program jahat masuk dan berkembang biak di dalam sistem. Virus dan program jahat yang berkembang dan berkeliaran bebas di dalam sistem Windows bisa menghabiskan resource tanpa disadari dan dampaknya waktu startup lambat. Sebelum itu terjadi, bentengi segera dan jangan lupa untuk melakukan update database antivirusnya secara berkala untuk mengenali jenis-jenis virus baru.

Upgrade Hardware

Malas melakukan optimalisasi dengan cara-cara di atas? Upgrade hardware komputer adalah solusi terbaik. Upgrade processor, RAM, Graphic card, motherboard memang membutuhkan dana yang tidak sedikit tapi bisa menyediakan resource lebih yang dapat digunakan untuk optimalisasi startup Windows.

Saya Patriot Nainggolan Sebagai Administrator, jika ada balasan harap tinggalkan disi...!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s